Senin, 11 Desember 2017

Cara Membuat Hotspot Wifi Pada Windows 8 Dengan CMD

Cara Membuat Hotspot Wifi Pada Windows 8 Dengan CMD - Kali ini saya akan membagikan cara membuat hostspot wifi pada windows 8. Ada banyak cara untuk menghidupkan hotspot Wifi di komputer ataupun di laptop kita, dengan menggunakan software maupun tidak. Namun seperti judul diatas hotspot wifi ini akan dibuat tanpa menggunakan software ataupun aplikasi, tapi dibuat dengan CMD (Command Prompt).

Cara Membuat Hotspot Wifi Pada Windows 8 Dengan CMD

Hotspot wifi ini sudah saya coba pada windows 8, namun sobat dapat juga mempraktekannya pada windows 7 ataupun windows 10 dengan cara yang tidak jauh berbeda.

Cara Membuat Hotspot Wifi Pada Windows 8 Dengan CMD


1. Buka Command Prompt dari menu search, lalu ketikkan CMD atau tekan tombol (Win + X)  dan pilih Command Prompt (Run as Administrator).



CMD akan terbuka. Ketik command berikut dan tekan Enter:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA-HOTSPOT key=PASSWORD
Keterangan:

SSID = Nama Hotspot yang kamu inginkan, bisa dirubah sesuka hati
KEY = Password atau Security Key dari Hotspot yang akan dibuat

Capture2


ssid


Selanjutnya, ketik command berikut dan tekan Enter:

netsh wlan start hostednetwork
Hotspot sudah berjalan. Sekarang kamu bisa tutup close jendela CMD

Capture3


Aktifkan Internet Connection Sharing di Windows 8

Selanjutnya buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Pada sistem operasi Windows 7, terdapat pilihan Manage wireless networks link, sedangkan pada Windows 8 tidak ada pilihan seperti itu.




Klik pada Change adapter settings. Anda akan melihat semua Network Connections.

Capture3.1

Anda dapat melihat yang baru dibuat tadi (Local Area Connection *40 , nama SSID Network saya adalah TFK-Hotspot)  disini, atau bisa saja nanti Local Area Connection ** ataupun angka lainnya.

Klik kanan pada koneksi yang sedang Anda gunakan (dalam kasus saya disini menggunakan koneksi modem HUAWEI) untuk terhubung ke Internet dan pilih Properties.

Capture4


Capture5


Klik pada tab Sharing, di kotak Properties HUAWEI,

– Ceklist Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer (Allow other network users to connect…)

– Kemudian Home networking connection: Pilih Local Arena Connection *40 (yang telah dibuat tadi)

– Ceklist juga Izinkan pengguna jaringan lain untuk mengontrol atau mematikan koneksin Internet Sharingnya (Allow other network users to control…) dan klik OK.

Selesai !!

Anda bisa berbagi koneksi internet dan menciptakan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows 8 Anda untuk digunakan bersama teman dikelas, teman sekantor atau keluarga Anda.

Demikian Cara Membuat Hotspot Wifi Pada Windows 8 Dengan CMD, Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar: