Rabu, 17 Januari 2018

Cara Membuat Efek Teks Api Dengan Photoshop CS3

Cara Membuat Efek Teks Api Dengan Photoshop CS3 - Membuat efek api pada teks sangat lah gampang, namun untuk membuatnya benar-benar kelihatan seperti api yang sesungguhnya perlu untuk melakukan latihan yang sungguh-sungguh dan dilakukan secara berulang-ulang. Terlebih untuk pemula seperti saya, membuat efek teks api ini harus melakukannya lebih dari tiga kali dan itupun masih belum maksimal... :D

Cara Membuat Efek Teks Api Dengan Photoshop CS3

Untuk anda yang ingin mencobanya saya sudah menyiapkan tutorialnya, dimana pada tutorial ini dan selanjutnya saya akan menggunakan photoshop CS 3. Perlu anda ketahui Photoshop versi ini tidaklah jauh berbeda dengan versi-versi diatasnya. Anda juga bisa menggunakan photoshop CS 6 ataupun photoshop terbaru yaitu photoshop CC 2015 (baca: Sejarah dan Perkembangan Photoshop). Sekarang  silahkan ikuti petunjutnya langkah-demi langkah.


Cara Membuat Efek Teks Api Dengan Photoshop CS3


Langkah 1
Buka program photoshop anda, lalu buat lembar kerja baru dengan cara klik file pada bar lalu klik new atau anda dapat juga melakukannya dengan cara menekan CTRL + N pada keyboard anda.  Pada kotak dialog, buat ukuran lembar kerja tersebut masing-masing width 3 inches, height 3 inches dan resolution 300 pixels/inch, Background contents white (lihat gambar). Ukuran ini tidak mutlak, anda dapat menggunakan ukuran yang menurut anda bagus.


lembar kerja baru photoshop


Langkah 2
Sekarang kita akan mengganti warna background yang tadinya berwarna putih menjadi warna  hitam, caranya: masuk pada menu edit di taskbar lalu klik fill atau tekan perintah Shift+F5 pada keyboard.. Lalu akan muncul kotak dialog fill, isikan (ganti) menjadi black pada kotak kontent use. Yang lain biarkan dan tidak usah diganti.



Klik ok pada kotak dialog fill maka background akan berubah warna dari warna asal yaitu putih menjadi berwarna hitam

Langkah 3
Pada tahapan ini kita akan membuat teks pada lembar kerja yang telah kita buat, silahkan buat teks yang menurut anda bagus. Contoh saya akan membuat teks 'PANAS'. Aktifkan horizontal type tool pada toolbox disebelah kiri lembar kerja atau ketikkan perintah T pada keyboard anda. Pilih jenis huruf yang anda sukai, pada contoh membuat efek teks api ini saya akan mencoba menggunkan font Times New Roman. Untuk ukuran anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan anda atau dapat menggantinya nanti.

Langkah 4
Ganti warna teks yang sebelumnya berwarna hitam menjadi berwarna putih.




Pada awalnya foreground color adalah hitam dan setelah diganti foreground color akan menjadi berwarna putih. Caranya tekan tanda panah atau pada keyboard tekan X. Lalu pada kanvas ketikkan teks anda.



Setelah selesai mengetikkan teks pada kertas kerja, klik tanda centang yang terdapat pada option bar untuk mengakhiri proses pengeditan teks.



Langkah 5
Atur Letak dan ukuran teks yang telah anda buat dengan cara klik EditFree Transform atau ketikkan perintah CTRL+T.


Sesuakan letak dan besarnya ukuran teks, sesuai dengan yang anda inginkan.



Langkah 6
Sebelum kita melanjutkan pembuatan efek teks api ini, kita terlebih dahulu harus mengubah layer teks yang kita buat sebelumnya menjadi layer gambar atau Rasterizing Text.Pastikan teks yang anda buat sudah mantap karena dengan melakukan rasterizing maka teks tidak dapat diedit kembali, caranya: Klik menu Layer -Rasterize - pilih Type



Hasilnya akan kelihatan seperti gambar dibawah:


Langkah 7
Pada langkah ini kita akan membuat duplikat layer teks (panas) atau tekan perintah CTRL+J pada keyboard. Maka akan muncul layer baru yaitu layer teks panas copy.



Langkah 8
Klik icon Indicates layer visibility untuk menonaktifkan/hidden layer copy, atau tekan icon (hilangkan) gambar mata pada layer copy.


Langkah 9
Aktifkan (pilih) layer teks panas.



Langkah 10

Putar lembar kerja 90° searah jarum jam



Caranya klik menu image - rotate canvas - plilih 90° CW (clockwise). Hasilnya seperti gambar dibawah:



Langkah 11
Sekarang kita akan menerapkan efek wind filter pada teks, caranya masuk kemenu filter-stylize-dan pilih wind.



Akan muncul kotak dialog wind filter, disini ada dua opsi yang akan kita atur yaitu method dan direction. Pada Method centang wind dan pada direction centang from the left.



Klik Ok setelah selesai maka hasilnya akan seperti gambar dibawah:



Pada gambar diatas gambaran efek teks api yang akan kita buat sudah mulai kelihatan. Agar hasilnya lebih maksimal anda dapat mengulangi hal diatas beberapa kali dengan cara menekan CTRL+F pada keybord. Apabila anda melakukannya beberapa kali dan anda merasa berlebih maka anda dapat membatalkan dengan cara menekan tombol undo. Pada contoh ini saya akan membuat 2 kali lagi.


Langkah 12
Sekarang kita akan mengembalikan posisi kanvas kerja pada posisi semula, klik menu image – Rotate canvas dan pilih 90° CCW.


Hasilnya setelah kanvas dikembalikan keposisi semula maka akan tampak seperti gambar dibawah:



Langkah 13
Sekarang kita akan memeberikan Efek Gaussian Blur Filter, caranya masuk kemenu filter – blur lalu pilih Gaussian blur.


Maka akan mucul kotak dialog Gaussian blur. Pada kotak  radius yang terdapat disebelah bawah masukkan 1.2 pixel.



Klik Ok untuk mengakhiri pemberian efek gaussian blur. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah:



Langkah 14
Pada langkah ini kita akan mengcopy (duplikat) layer background. Klik kanan pada layer background atau tekan perintah CTRL+J.



Langkah 15
Sekarang kita akan menggabungkan text layer (panas) dengan background copy.



Caranya klik kanan pada layer teks – lalu pilih merge down. Setelah layer teks dan layer background digabungkan lalu beri nama sesuka anda. Disini saya memberikan nama tp6.

Langkah 16
Buat seleksi berbentuk kotak persegi empat dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool atau tekan M pada keyboard.





Lalu klik pada pada salah satu sudut kanvas, tahan lalu tarik dan buat seleksi berbentuk persegi empat seperti pada gambar dibawah:



Langkah 17
Pada langkah ini kita akan menerapkan efek liquivy filter.


Caranya: masuk pada menu Filter dan pilih liquefy. Maka akan muncul kotak dialog baru, lalu klik pada toll Forward Warp Tool (atau tekan tombol W pada Keyboard), yang berada disebelah kiri atas.


Berikutnya perhatikan kotak dialog pada sisi kanan sebelah atas. Disini terdapat ukuran brush size yang kita perlukan untuk membuat efek teks api ini.



Defaultnya ukuran brush size adalah 100. Anda dapat mempraktekkan dengan berbagai macam ukuran yang sesuai dengan keinginan anda nantinya.

Pada tahap ini silahkan keluarkan semua kemampuan anda. Letakkan kursor disatu titik ,geser dan buat lekukan agar kelihatan teks yang anda buat mengeluarkan api seperti yang sesungguhnya.




Kembali pada kotak dialog, ganti ukuran brush size menjadi 15. Dengan ukuran brush yang lebuh kecil (15) maka anda dapat membuat efek nyala api yang lebih kecil. Jika anda mengalami kesalahan dan ingin mengulangi langkah terakhir yang anda buat, tekan CTRL+ Z (Undo).  Anda dapat juga mengubah brush menjadi ukuran 50. Jika anda sudah merasa cukup, klik ok untuk mengakhiri efek ini.



Langkah 18
Pada tahap ini kita akan menambahkan  warna nyala api pada teks yang telah kita selesaikan tadi. Klik kanan ikon New Adjustment Layer lalu pilih Hue/Saturation


Maka akan mucul kotak dialog Hue/Saturation. Pada kotak dialog ini ada dua opsi yang harus kita isikan yaitu hue dan saturation. Isikan Hue 40 dan Saturation 100, dan centang colorize.


Klik Ok untuk keluar dari kotak dialog Hue/Saturation dan lihat hasilnya. Ulangi sekali lagi membuat Hue/saturation agar pewarnaan lebih maksimal. Caranya sama dengan diatas, lalu pada kotak dialog isikan hue -15. Yang lainnya biarkan dan jangan diubah.

Langkah Ke 19
Sekarang kita akan mengubah mode layer pada Hue/Saturatin 2. Defaultnya mode ini adalah normal dan kita akan mengganti menjadi overlay.



Langkah 20

Pilih dan aktifkan layer copy, lalu klik icon Indicates layer Fisibility (hilangkan ikon mata).



Langkah 21
Tambahkan Gradient Overlay Layer Style yang berfungsi untuk menambahkan warna lain pada teks. Caranya: Klik ikon layer style lalu pilih gradient overlay.
Akan muncul kotak dialog baru seperti gambar dibawah:
Klik pada box gradient dan akan muncul pengaturan gradient editor. 

Clik pada tanda Color stop disebelah kiri, lalu klik kotak color. Pilih warna yang menurut anda bagus, seperti warna hijau, orange dan warna-warna gelap lainnya. Atau anda bisa sesuaikan seperti pada gambar dibawah.


Akhiri dengan cara klik Ok. Lalu kita kembali pada kotak dialog gradient editor. Jika tadi ita sudah mengatur warna pada color stop disebelah kiri maka sekarang anda klik pada tanda color stop sebelah kanan. Caranya sama, klik color stop disebalah kanan lalu klik box color di sebelah bawah dan tentukan warnanya seperti  warna api, contohnya: warna kuning api atau sesuaikan menurut selera anda.
Klik Ok untuk menutup kotak pilihan warna, klik ok untuk menutup kotak gradient editor dan sebelum menutup kotak dialog berikutnya sebaiknya sesuaikan pengaturan seperti gambar dibawah:
Akhiri dengan klik tombol OK. Lalu hasil pewrnaan teks akan seperti yang terlihat pada gambar dibawah:
Sampai disini sebenarnya tugas anda sudah hamper selesai. Anda bisa saja tidak melanjutkan ke langkah selanjutnya dan menyimpan teks efek api yang anda buat. Tetapi jika ingin melanjutkan simak langkah-langkah berikutnya:
Langkah 22
Sekarang kita akan menambahkan layer mask pada layer teks, caranya Klik pada icon add layer mask.

Langkah 23
Aktifkan brush tool pada tool box disebelah kiri atau tekan B pada keyboard.
Langkah 24
Set Foreground color menjadi warna hitam. Pastikan anda mengaktifkan layer mask (klik pada layer mask).  Jika sebelumnya foreground sudah berwarna hitam  itu berarti layer mask masih belum aktif.


Langkah ke 25
Sekarang Layer mask, Foreground color dan brush tool dalam keadaan aktif. Anda dapat menggunakan sikat untuk memperindah tampilan teks anda. Gunakan semaksimal yang anda bisa, dan ubah ukuran brush tool untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Jika anda merasa melakukan kesalahan gunakan tombol undo. Jika sudah kira-kira cukup maka sekarang simpan hasilnya dengan cara klik save as dengan format png atau jpeg.
Sampai pada tahap ini tugas anda sudah selesai. Mungkin hasilnya masih kurang sesuai dengan harapan anda, dan saya juga merasa demikian , karena masih dalam tahap belajar. :D. Lakukan latihan yang rutin agar lebih mahir dan menghasilkan text efek yang lebih ok. 

Demikian Cara Membuat Efek Teks Api Dengan Photoshop CS3, Semoga Bermanfaat dan ketemu lagi di latihan berikutnya.

Tidak ada komentar: