Selasa, 02 Januari 2018

Cara Mengatasi Tv Tuner Tidak Mengeluarkan Suara Pada Windows 7

Cara Mengatasi Tv Tuner Tidak Mengeluarkan Suara Pada Windows 7 - Sebelumnya saya menginstall tv tuner philips saya dengan type saa7130/34 di windows xp dan windows 8 tidak ada masalah, suara maupun gambar muncul tanpa ada masalah,

Cara Mengatasi Tv Tuner Tidak Mengeluarkan Suara Pada Windows 7

Tetapi pada saat saya mengganti operating system ke windows 7 setelah saya install driver tv tuner pci dan app honestech untuk aplikasi tv, setelah semua terinstall dengan baik saya mulai menghidupkan aplikasi tv tersebut tetapi hasilnya kurang memuaskan karena suara tidak ada walaupun colokan line saya sudah tertancap dengan baik, saya coba dengan colokan ke microphone tetapi tidak ada perubahan walaupun saya lihat di line visualisasi terlihat bekerja dengan baik yaitu naik turun.

Pertama saya kira bahwa masalah ini adalah pada driver atau pada hardware tv tuner saya yang sudah rusak atau driver tidak kompatibel dengan windows 7, saya bolak balik googling dengan berbagai macam pendapat dan solusi yang diberikan tetapi tidak atau belum menemukan cara yang benar-benar memecahkan masalah saya.

Saya cek kembali driver kemudian mengganti driver dengan driver yang sedikit berbeda tetapi satu jenis, alhasil tidak sedikitpun memecahkan masalah. Cek kembali colokan dan pci tv tuner tetapi tidak ada masalah, kemudian cek setingan di aplikasi tv tetapi tetep tidak ada masalah, ternyata ada sedikit berbeda dengan windows 8 dan windows xp yang saya alami adalah karena setingan di playback atau recording setingan saya seting secara manual dengan cara seperti dibawah ini :

Cara manual supaya tv tuner terdengar suara nya di windows 7 tetapi dengan cara ini mute maupun vlume tidak bisa diperkecil maupun diperbesar kecuali dengan menggunakan volume di windows bawaan nya.

1. Klik kanan di gambar speaker yang ada di taskbar bawah sebelah kanan seperti pada gambar dibawah ini.

2. Setelah di klik kanan maka akan muncul pilihan setting, pilih yang playback atau recording
3. Nanti akan muncul seperti pada gambar dibawah ini yaitu setingan sound, pilih sesuai dengan colokan yang di tancapkan di sound card nya, di gambar dibawah ini saya colokan ke line In sehingga setingan saya seting di Line In, klik kanan di mouse dan klik properties.

setting speaker lin ine windows 7

4. Pilih tab Listen dan centang pada listens to this device dan klik apply atau langsung klik tombol Ok.
line in spekaer setting tv tuner windows 7

Setelah di apply atau di klik ok maka suara untuk tv tuner di komputer saya pun kembali ada suara dari tv tersebut kembali terdengar namun ada sedikit masalah yang tidak bisa di selesaikan yaitu seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa dengan setingan ini maka mute dan volume di aplikasi tv tidak akan berfungsi jadi untuk mengecilkan dan memperbesar suara hanya bisa dilakukan pada volume speaker yang ada di windows.

Update : 28/05/2014
Jika komputer atau laptop  sudah di install driver doftware sound seperti realtek misalnya,  kita bisa melakukannya dengan cara dibawah ini.

1. Klik kanan mouse di ikon sound realtek atau sound apapun yg dipakai dan klik untuk di setting.

2. Setelah di klik nanti akan keluar jendela baru seperti pada gambar dibawah ini, dan jika colokan di masukan ke line in bisa di pilih tab line in dan jika colokan di mic bisa pilih tab mic dan perbesar suara playback seperti gambar dibawah ini.

Demikian Cara Mengatasi Tv Tuner Tidak Mengeluarkan Suara Pada Windows 7

Tidak ada komentar: