Rabu, 17 Januari 2018

Cara Membuat Teks 3D Sederhana Dengan Photoshop CS3

Cara Membuat Teks 3D Sederhana Dengan Photoshop CS3 - Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat teks 3D Sederhana dengan Menggunakan Photoshop. Untuk membuat text 3D ini sangatlah gampang, dan hanya butuh waktu kurang dari setengah jam bagi pemula seperti saya untuk menyelesaikannya.


Cara Membuat Teks 3D Sederhana Dengan Photoshop CS3

 

Cara Membuat Teks 3D Sederhana Dengan Photoshop CS3


Silahkan anda ikuti langkah demi langkah pembuatannya:

Langkah 1: Buka phoshop anda dan buat lembar kerja baru
Silahkan buka photoshop anda dan buat lembar kerja baru denga cara klik file pada taksbar lalu pilih new. Cara cepatnya tekan tombol keyboard CTRL+N dan akan muncul kotak dialog new. Masukkan ukuran lembar kerja pada  kotak dialog yang terbuka yaitu: width = 6 inches, height = 4 inches. Atau bisa juga dengan ukuran yang anda inginkan. Klik ok untuk mengakhiri dan akan muncul lembar kerja tempat kita meletakkan teks yang akan kita olah.



Langkah 2: Tambahkan Teks Pada Layar Kerja

Cara menambahkan teks pada layar kerja yaitu melalui tollbox disebelah kiri, pilih Horizontal Tipe Tool atau tekan perintah T pada keyboard.



Lalu Isikan jenis font yaitu Inpact dan buat ukuran teks 60 PT pada menu yang terdapat pada bar disebelah atas layar kerja. Ukuran dan jenis font silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.


Untuk warna teks disini saya menggunakan warna merah seperti gambar dibawah:


Lalu tambahkan teks kedalam canvas kerja contoh disini saya menuliskan kata “shotoshop”


Klik tanda centang pada menu bar diatas canvas untuk mengakhiri pembuatan teks.



Jika sampai disini langkah-langkah yang anda lakukan sudah benar, maka sekarang sudah ada dua layer yaitu background dan layer teks shotoshop. (perhatikan layer yang ada disebelah kiri bawah canvas.



Langkah 3: Atur posisi dan ukuran teks

Jika anda merasa posisi dan ukuran teks masih dirasa belum pas, silahkan atur ulang kembali dengan cara masuk ke menu edit – free transfor. Geser dan tarik kotak yang mengitari teks "shotoshop" dengan mouse, jika dirasa sudah cukup tekan enter.


Langkah 4: Confert To A shape.

Pada langkah ini teks 3d yang akan kita buat akan mulai menampakkan gambarannya. Klik layer pada menu bar, pilih type lalu klik Convert To Shape


Perhatikan layer teks shotoshop pada pallete, tampilannya akan berubah setelah teks kita Convert To shape, seperti gambar dibawah.



Langkah 5: Transform Path Perspective

Sekarang kita akan mengubah bentuk teks shotoshop. Untuk langkah ini masuk ke menu edit, pilih Transform Path dan klik Perspective.


Jika sudah, perhatikan teks pada canvas. Perhatikan kotak kecil yang ada disetiap sudut teks pada kertas kerja anda.

Masing masing dari kotak kecil tersebut dapat anda tarik dengan mouse ketas, kebawah, kesamping untuk mendapatkan posisi teks yang anda inginkan. Anda dapat mencobanya sampai posisi yang anda sukai ketemu. Apabila anda menemui kesalahan, klik undo untuk mengcancelnya. Untuk contoh ini saya akan membuat posisi teks seperti pada gambar.

Jika sudah kelihatan sesuai dengan keinginan tekan enter, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah.


Langkah 6: Menggandakan Layer Teks

Sekarang bentuk dari teks sudah kita dapatkan. Langkah berikutnya adalah menggandakan teks agar kelihatan seperti teks 3d. Caranya arahkan mouse pada move tool atau tekan huruf V pada keyboard


Lalu perhatikan layer palette anda. Kita akan menggandakan layer teks shotoshop sebanyak yang anda inginkan. Pastikan yang anda aktifkan adalah layer teks shotoshop dan bukan layer background.


Lalu tekan ALT dan tanda panah arah kanan pada keyboard anda. Pada contoh ini saya menggandakan sebanyak 50 layer. Apabila dirasa kurang anda dapat mencopy lagi atau anda merasa kelebihan anda dapat menghapus layer dengan cara klik kanan pada layer yang paling atas lalu delate layer.


Hasil yang saya buat dengan menggandakan sampai 50 kali terlihat seperti gambar dibawah:


Langkah 7: Memindahkan Layer Teks Shotoshop (Teks Original) Kebagian Atas.

Setelah kita menggandakan layer teks shotoshop, otomatis layer ini akan berpindah kebawah artinya layer teks yang terakhir dicopy akan berada pada urutan palin atas. Nah sekarang kita akan memindahkan  layer teks shotoshop berada pada urutan pertama. Caranya: Tekan CTRL+SHIFT+] secara bersamaan.


Langkah 8:  Menggabungkan Layer Copy Yang Telah Digandakan

Untuk menggabungkan layer  copy yang telah kita gandakan sebanyak 50  kali tersebut, kita pergunakan perintah merge layer. Caranya: Klik pada layer copy ke 50 (paling atas) – tekan SHIFT dan tahan - lalu scrool ke bawah sampai pada layer copy (pertama) – lalu klik layer copy pertama tersebut.


Perhatikan hasilnya pada gambar diatas, setelah itu masuk pada menu layer – lalu klik merge layers. Semua layer copy akan menyatu, hasilnya seperti gambar dibawah:


Langkah 9: Membuat Efek 3D pada teks

Pada langkah ini kita akan memberikan pewarnaan pada teks photoshop agar efek 3D nya semakin kelihatan. Pastikan anda mengaktifkan layer copy (shotoshop 50) dengan cara mengkliknya. Lalu klik ikon add a layer style lalu pilih gradient overlay.


Akan muncul kotak dialog gradient overlay, lalu klik gradient


Lalu anda akan dibawa kepengaturan  gradient. Tentukan warna gradient untuk teks 3D anda. Jika sudah tekan OK. Setelah selesai maka hasilnya akan seperti gambar dibawah:

Demikian Cara Membuat Teks 3D Sederhana Dengan Photoshop CS3, Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar: